Anda Pengguna Wifi, Hati-hati Ternyata WiFi Bisa Membunuh Kita Secara Perlahan - ginza2016

Breaking

Header Ads

ads

Selasa, 18 April 2017

Anda Pengguna Wifi, Hati-hati Ternyata WiFi Bisa Membunuh Kita Secara Perlahan



Disukai atau tidak, dampak dari era globalisasi telah benar-benar membawa dampak yang signifikan dalam perkembangan dunia telekomunikasi, informatika dan intenet. Saat ini teknologi menjadi peran utama bagi kemajuan masyarakat. Salah satunya internet misalnya, di dalamnya tersedia beragam konten yang akan membuat masyarakat semakin nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Berbagai macam pengetahuan yang luas dan jelas semuanya ada di dalamnya.
Wifi merupakan salah satu penyedia jaringan untuk mengakses internet. Sebagian besar kalangan pengguna internet tentu sudah tak asing lagi dengan WiFi. Ya, WiFi yang saat ini banyak digunakan oleh para pengguna internet untuk mempermudah akses internet dengan jaringan tanpa kabel (wireless). 

Masyarakat suka menggunakan teknologi Wi-Fi karena 2 alasan penting. Alasan pertama adalah alasan kemudahan dan kepraktisan. Beberapa pengguna internet dapat menggunakan fasilitas Wi-Fi yang sama tanpa harus direpotkan dengan urusan kabel dan perangkat-perangkat instalasi besar lainnya. Cukup membawa laptop, smartphone atau gadget yang mendukung penggunaan fasilitas Wi-Fi, maka jaringan Wi-Fi dapat segera digunakan untuk melakukan akses internet secara praktis.

Alasan yang kedua adalah harga yang murah. Harga yang murah membuat banyak orang tertarik untuk memasang jaringan Wi-Fi di rumah atau kantor mereka. Bahkan sekarang banyak pula perusahaan TV berlangganan yang menyediakan fasilitas Wi-Fi yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dengan tarif berlangganan berkisar dari 200 ribu hingga 400 ribu rupiah per bulan, anda dapat mendapatkan fasilitas TV berlangganan dan jaringan Wi-Fi yang qualified. Tak hanya itu saja, kini ada pula teknologi Wi-Fi yang dapat digunakan dengan berlangganan pada provider telekomunikasi tertentu. Perangkat Wi-Fi portable yang kecil dan ringan pun dapat anda bawa kemanapun anda pergi.
Dibalik manfaatnya yang besar dan menarik tersebut tahukah anda dampak negatif dari teknologi tersebut ?
Mengutip dari Grid.ID bahwa sebenarnya, perusahaan pembuat WiFi router sudah diwajibkan memenuhi syarat teknis tertentu.Tujuannya agar WiFi tetap aman dipakai konsumen dalam jangka panjang. Tapi di lapangan, hal berbeda bisa ditemui.

Saat ini di pasaran banyak ditemui perangkat WiFi dengan harga murah meriah, dengan merek yang tidak jelas. Bentuknya bisa berupa WiFi router, gadget untuk streaming musik, hingga modem wifi router (MiFi). Perangkat seperti itu diragukan kepatuhannya terhadap standar teknis yang memang diterapkan secara ketat. WiFi bekerja dengan gelombang elektromagnetik pada frekuensi tertentu, biasanya 2.4Ghz.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Health Agency, menyimpulkan bahwa gelombang WiFi berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya bagi manusia, bahkan juga berbahaya bagi hewan dan tanaman. Tanaman yang tumbuh di area dengan sinyal WiFi ternyata tidak tumbuh sempurna. Hal serupa juga bisa terjadi pada manusia, terutama anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 

Berikut beberapa efek negatif jika terkena gelombang elektromagnetik secara terus menerus.
  1. Kurang konsentrasi
  2. Gangguan tidur
  3. Kelelahan
  4. Pendengaran terganggu
  5. Sering sakit kepala
  6. Dalam jangkan panjang menurunkan kinerja otak


 
Oleh karena itu, sebaiknya lakukan hal-hal berikut untuk mencegahnya.
  1. Jika memungkinkan, gunakan koneksi internet lewat kabel
  2. Matikan perangkat WiFi Router sebelum tidur
  3. Matikan perangkat WiFi saat tak digunakan
  4. Jangan taruh perangkat WiFi di dekat pusat aktifitas, seperti ruang keluarga atau kamar tidur.
Diharapkan setelah membaca artikel ini membuat anda bisa bertindak lebih bijak dalam menggunakan wifi dalam aktivitas keseharian anda. Semoga anda bisa mendapatkan manfaat yang besar/optimal dari teknologi wifi dan dapat menghindari dapat negatifnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar